RPP Merdeka Belajar Tahun 2020 akan menjadi perubahan penting, Guru Dituntut sendiri dalam mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Dalam Penyusunan Baru, Kebijakan Baru yang ditetapkan dalam Penyusunan RPP adalah untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP.
Tiga komponen inti RPP terdiri dari:
1. Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan pembelajaran, dan
3. Asesmen.
“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” kata Mendikbud.
Tiga komponen inti RPP terdiri dari:
1. Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan pembelajaran, dan
3. Asesmen.
“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” kata Mendikbud.
RPP Merdeka Belajar Tahun 2020 akan menjadi perubahan penting, Guru Dituntut sendiri dalam mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?
Jawab:
Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasipada murid?
Jawab :
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satuhalaman?
Jawab :
Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.
Apakah ada standar baku untuk Format Penulisan RPP?
Jawab:
Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan untuk format penulisan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan RPP? berorientasi pada murid.
Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?
Jawab:
• Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya.
• Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.
Berapa jumlah komponen dalam RPP?
Jawab:
• Ada 3 komponen inti,
yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.
• Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.